Selamat Datang di Blog ALUMNI SMP ANNUR. web: http://www.aluanjkt.blogspot.co.id. admin : 0857 11111 532 - ndin_bimo Blog ALUMNI SMP ANNUR - web: http://www.aluanjkt.blogspot.co.id menyediakan Informasi terupdate

Jam Digital by Dreams Files


Jumat, 14 Juni 2019

Merasa do'a kita tidak dikabulkan? Jangan salah, sebab sesungguhnya ALLAH SWT akan menggantikannya dengan hal yang jauh lebih baik


Setiap orang pasti memiliki sebuah keinginan dalam hidupnya. Entah berupa keinginan jangka panjang ataupun keinginan jangka pendek. Untuk memenuhi keinginan tersebut, sebagai muslim tentunya selain berusaha kita juga harus selalu berdo'a kepada Allah SWT. Perlu diketahui, Allah SWT akan mengabulkan do'a hambanya melalui 3 cara, yaitu:

1.  Doa kita dikabulkan saat itu juga
Kondisi seperti ini pasti sangat diharapkan oleh kita semua, sebab saat kita berdo'a untuk suatu hal, Allah SWT. akan mengabulkannya saat itu juga.

2.  Do'a kita akan ditunda oleh Allah SWT
Jika kita berdoa namun do'a kita masih belum dikabulkan, jangan pernah khawatir. Sebab bukan berarti Allah SWT tidak akan mengabulkan do'a kita. Allah SWT hanya akan menundanya untuk kemudian mengabulkannya pada waktu yang tepat yaitu pada waktu yang terbaik untuk kita dan terbaik menurut Allah SWT.

3.  Allah tidak akan mengabulkan do'a kita, namun akan menggantikannya dengan hal yang jauh lebih baik.
Pada cara  yang ketiga ini, jika kita tidak bisa menyadarinya, pasti sebagai manusia kita akan merasa kecewa. Kita akan merasa bahwa do'a kita tidak dikabulkan oleh Allah SWT. Namun yang harus kita pahami adalah, apa yang dianggap baik oleh manusia, belum tentu baik di mata Allah SWT. Oleh karena itu, jika suatu saat kita merasa bahwa do'a kita belum dikabulkan, maka cobalah bersabar dan jalani semuanya dengan ikhlas. Sebab di balik itu semua pasti ada hikmah yang bisa kita ambil. Ada hal yang pada akhirnya membuat kita merasa bersyukur dan tersadar bahwa itulah yang terbaik untuk kita.
Saya memiliki sebuah pengalaman tersendiri mengenai dikabulkannya do'a melalui cara ketiga, yakni Allah tidak akan mengabulkan do'a kita, namun akan menggantikannya dengan hal yang jauh lebih baik. Hal tersebut saya alami saat menentukan pilihan kemana saya akan melanjutan kuliah. Saya selalu berdo'a agar saya mendapatkan yang terbaik menurut Allah SWT.  Tapi tentu saja saya juga harus menentukan pilihan sendiri. Saat itu saya memilih UNPAD jurusan statistika sebagai pilihan pertama dan UPI jurusan pendidikan Matematika sebagai pilihan kedua. Dan sebagai alternatif saya memilih POLBAN jurusan D3 akuntansi.
Saat memilih UNPAD, sebenarnya ibu saya sedikit menentang karena jaraknya yang cukup jauh dari rumah membuat saya harus mencari tempat kost.  Ibu saya khawatir saya tidak mampu menyesuaikan diri dengan keadaan disana.  Namun dengan berbagai alasan, saya berusaha menjelaskan dan meyakinkan beliau agar mengizinkan saya kuliah disana. Sementara itu, saat saya hendak memilih UPI, giliran ayah saya yang kurang setuju.
Pada saat pengumuman PMDK POLBAN, ternyata saya tidak lolos. Meskipun saat itu saya tidak begitu mengharapkan POLBAN, tapi rasa kecewa tetap ada. Sebab banyak teman SMA saya yang lolos dan diterima di POLBAN. Sementara saya? saya masih harus menunggu pengumuman SNMPTN. Sampai pada akhirnya pengumuman itu tiba, ternyata saya juga tidak lolos UNPAD maupun UPI. Alhasil, saya menangis sejadi-jadinya. Dan pada saat itulah saya benar-benar merasa kecewa serta putus asa. Namun, Ibu saya berusaha meyakinkan dan menguatkan bahwa masih ada cara lain yang dapat ditempuh, yaitu melalu jalur SBMPTN.

Sumber : kompasiana.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar